Cara Mempromosikan Blog

Cara promosi blog merupakan gabungan berbagai teknik dan strategi yang berbeda untuk meningkatkan kualitas kunjungan ke blog Anda, yang terlihat dari meningkatnya rata-rata lamanya pengunjung berada di blog Anda, serta semakin banyak pengunjung yang melakukan transaksi ataupun yang mengunduh file dari blog Anda. Kunjungan yang tidak berkualitas misalnya pengunjung yang langsung meninggalkan blog Anda. Teknik dan strategi promosi blog mencakup peringkat blog Anda pada hasil pencarian, pembuatan artikel dan tautan, memasang iklan banner, classified ads atau iklan baris, opt-in email, email pribadi, forum atau grup diskusi, blog jejaring sosial, program afiliasi, google adwords, dan lain-lain. 

Promosi blog merupakan bagian yang tidak terpisah dengan tahap perencanaan dan pembuatan blog. Promosi blog harus dipikirkan sejak tahap perencanaan. Apa yang blog Anda tawarkan? Siapa target pengunjung blog Anda? Kata kunci apa yang mereka pakai untuk menemukan blog Anda? Hal-hal tersebut adalah landasan yang harus Anda bangun dengan benar agar promosi blog Anda berjalan dengan lancar.

Sewaktu mempromosikan blog, Anda harus menggunakan squeeze page agar Anda bisa mendapatkan nama dan alamat email pengunjung blog Anda. Dengan memiliki daftar email (email list), maka Anda bisa membangun hubungan secara terus menerus dengan para pelanggan (subscriber) Anda dan melakukan komunikasi untuk tujuan pemasaran produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Kalau Anda belum tahu apa itu squeeze page dan bagaimana cara membuat squeeze page, silahkan baca tulisan di blog saya yang berjudul Apa itu Squeeze Page. 

Berikut ini saya akan menjelaskan cara-cara promosi blog yang bisa Anda lakukan. Kebanyakan adalah cara promosi blog gratis.

  1. Peringkat blog pada Hasil Pencarian
  2. Penjelasannya sederhana saja: Anda harus berada di halaman pertama atau paling tidak di halaman kedua hasil pencarian kata kunci yang telah Anda pakai. Bagaimana target pengunjung bisa mengetahui keberadaan blog Anda kalau blog Anda berada di halaman ketiga dan seterusnya. Blog Anda dianggap tidak ada apabila blog Anda berada di halaman hasil pencarian yang ke-3, 4, 5, dan seterusnya. Untuk itu, Anda harus menggunakan teknik optimisasi mesin pencari (SEO), Anda bisa mempelajarinya di bagian Teknik SEO. Selain itu, setelah Anda meng-upload file blog Anda ke web host, Anda dapat mendaftarkan blog Anda ke berbagai mesin pencari supaya mesin pencari bisa dengan cepat mengetahui keberadaan blog Anda. Ada beberapa blog yang menyediakan layanan pendaftaran blog atau istilah teknisnya URL (Uniform Resource Locator) ke berbagai mesin pencari, antara lain: http://bblmedia.com/addurl.html/,http://freewebsubmission.com/, dan lain-lain.
  3. Membuat Artikel dan Tautan
  4. Artikel merupakan cara yang bagus sekali untuk memberikan informasi serta materi yang berkualitas kepada para pembaca dan juga untuk membangun merek serta mempublikasikan diri Anda sebagai seorang ahli. Gunakanlah kata-kata kunci yang sama dengan kata kunci yang Anda pakai pada blog Anda, baik pada judul artikel maupun isi artikel. Pada artikel tersebut, masukkan tautan-tautan yang mengarah pada blog Anda dengan menggunakan kata kunci. Pada akhir artikel, tulislah nama Anda dan nama blog Anda. Berikut ini adalah beberapa blog di mana Anda bisa menulis artikel Anda. Perlu Anda ketahui, blog-blog seperti ini merupakan tempat singgah favorit mesin pencari untuk membuat index. Anda bisa mempelajari lebih lanjut cara mendatangkan traffic menggunakan ezine articles di Super Traffic Rush. Selain menulis artikel pada blog-blog di atas, Anda juga bisa menulis artikel pada blog pribadi. Membuat blog merupakan cara yang efektif untuk menambah tautan-tautan yang mengarah ke blog Anda. Blog juga merupakan tempat singgah favorit mesin pencari untuk membuat index. Selain melalui blog pribadi, untuk meningkatkan jumlah tautan Anda bisa saling bertukar tautan dengan blog yang lain. Coba saja hubungi pemilik blog dimana Anda akan menaruh tautan dan mintalah agar ia menaruh alamat blog Anda di blognya dan sebagai gantinya Anda juga akan menaruh alamat blognya di blog Anda.
  5. Viral Marketing
  6. Viral marketing merupakan cara promosi atau pemasaran yang dilakukan dengan cara menyebarkan pesan tertentu. Viral marketing biasanya dilakukan dengan menyebarkan ebook gratis yang berisi tautan-tautan ke blog tertentu. Anda bisa belajar lebih dalam mengenai viral marketing di allaboutviralmarketing.com. Anda bisa membuat viral ebook di viralebookexplosion.com.
  7. Traffic Exchange
  8. Traffic exchange merupakan cara promosi yang dilakukan dengan bergabung di blogtraffic exchange. Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan website, banner dan teks yang memiliki tautan ke website Anda. Kemudian Anda harus melihat website orang lain untuk mendapatkan kredit agar website, banner, dan teks Anda bisa dilihat orang lain. Pekerjaan ini sangat menyita waktu Anda, oleh karena itu lebih baik kalau Anda meng-upgrade keanggotaan Anda untuk mendapatkan kredit yang lebih banyak sehingga website, banner, dan teks Anda tetap bisa dilihat orang lain apabila Anda tidak memiliki waktu untuk berselancar (surfing). Ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan agar promosi Anda di website traffic exchange memberikan hasil yang maksimal, yaitu sebagai berikut:
    • Gunakan splash page, yaitu halaman blog yang pendek, bisa di-upload dengan sangat cepat, dan dalam hitungan detik bisa membuat orang yang melihatnya merasa penasaran dan langsung mengklik tautan (link) yang tersedia. Tautan (link) tersebut akan menampilkan halaman blog Anda yang sesungguhnya. Anda bisa membuat splash page secara gratis di adkreator.com.
    • Produk yang Anda tawarkan sebaiknya berhubungan dengan cara mendapatkan kunjungan (traffic), karena setiap orang yang menjadi anggota blog traffic exchange adalah orang-orang yang ingin meningkatkan jumlah kunjungan (traffic) ke blog mereka.
    • Pantaulah hasil yang Anda dapatkan agar Anda mengetahui blog traffic exchange mana yang mendatangkan kunjungan ke blog Anda. Anda bisa menggunakan TE Toolbox untuk memonitor alamat webisite (URL) yang Anda daftarkan di blog traffic exchange.
    • Bergabunglah dengan Traffic Hoopla, untuk membangun jaringan traffic exchange Anda cukup melalui satu tempat saja.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cari Caramu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger