Program Afiliasi

Program afiliasi sebetulnya merupakan suatu bentuk cara pemasaran. Pada intinya seseorang menyetujui untuk mempromosikan produk dan/atau jasa milik penjual (merchant) dengan imbalan berupa komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan dari promosi tersebut. Saya sangat menyarankan agar Anda belajar afiliasi dan belajar membuat blog secara bersamaan.

Program afiliasi sangat menarik dan populer sebagai cara tercepat menghasilkan uang dari Internet karena semua orang bisa mengikutinya tanpa harus memiliki produk dan/atau jasa untuk dijual, dan juga tanpa harus membuat blog sendiri. Blog yang disediakan oleh penjual untuk orang yang mengikuti program afiliasi disebut blog afiliasi. Tergantung dari penjualnya, merekalah yang menyiapkan blog afiliasi termasuk produk dan/atau jasa yang akan dipromosikan serta cara melakukan pembayaran, dan alat bantu (tools) untuk melakukan promosi seperti banner, opt-in email, artikel, dan lain-lain.

Pada umumnya ada 4 (empat) pihak yang terlibat dalam program afiliasi, yaitu:

  1. Penjual
  2. Penjual adalah orang atau organisasi yang memiliki produk dan/atau jasa untuk dijual. Mereka akan menawarkan program afiliasi melalui blog mereka sendiri dan/atau bergabung di jaringan afiliasi.
  3. Jaringan Afiliasi
  4. Jaringan afiliasi merupakan pihak yang mengatur interaksi antara penjual dan anggota afiliasi. Contoh jaringan afiliasi adalah ClickBank (www.clickbank.com) dan Google (www.google.com/ads/affiliatenetwork/). Jaringan afiliasi akan memproses pendaftaran penjual dan anggota afiliasi, produk apa yang mau dipromosikan penjual, dan berapa komisi yang disediakan oleh penjual. Jaringan afiliasi kemudian akan memonitor terjadinya penjualan oleh anggota afiliasi, mengambil komisi dari penjual dan membayarkannya ke anggota afiliasi.
  5. Anggota Afiliasi
  6. Anggota afiliasi adalah orang yang mempromosikan produk-produk milik penjual melalui program afiliasi yang ditentukan oleh penjual.
  7. Pembeli
  8. Pembeli adalah orang yang membeli produk dan/atau jasa.

Program afiliasi yang mengharuskan Anda membayar untuk menjadi anggota afiliasi jumlahnya relatif sedikit, kebanyakan adalah gratis. Ketika Anda mendaftar pada sebuah program afiliasi, Anda akan mendapatkan sebuah tautan yang mengandung ID afiliasi Anda. Anda harus menggunakan tautan tersebut untuk membawa pengunjung ke blog afiliasi sehingga apabila terjadi pembelian akan dicatat sebagai dasar pembayaran komisi untuk Anda.

Tidak semua program afiliasi memberikan komisi berdasarkan penjualan yang terjadi. Berikut ini adalah jenis-jenis program afiliasi berdasarkan cara pembayaran komisi.
  1. Pay per click: Anda dibayar berdasarkan berapa banyak pengunjung yang mengklik tautan afiliasi (affiliate link) Anda.
  2. Pay per sales: Anda akan mendapat komisi yang sudah ditetapkan sebelumnya, misalnya Rp. 50.000 untuk setiap penjualan.
  3. Percentage earning per sales: Hampir sama dengan pay per sales, namun di sini menggunakan persentase misalnya komisi berkisar antara 10% hingga 75% dari setiap penjualan.
  4. Pay per leads: Program ini memberikan komisi berdasarkan jumlah pengunjung yang melakukan pendaftaran. Dengan cara ini, penjual akan memiliki daftar prospek baru yang kemudian menjadi target pemasaran produk mereka.
Tempat terbaik untuk mengikuti program afiliasi adalah di clickbank.com, suatu jaringan afiliasi yang sangat terkenal dan tidak perlu diragukan lagi sistemnya. Di clickbank.com Anda bisa menjadi penjual (vendor) maupun anggota afiliasi (affiliates). Ada akan menemukan begitu banyak produk yang bisa Anda promosikan. Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebelum bisa mempromosikan produk-produk yang ada di jaringan afiliasi clickbank.com ataupun untuk menjadi penjual (vendor).

Selain clickbank.com, contoh program afiliasi terbaik lainnya adalah program afiliasi dariwww.amazon.com. Program afiliasi amazon.com memberikan banyak sekali media untuk berpromosi seperti banner, tautan, dan widget. Sama seperti clickbank.com, Anda harus terlebih dahulu mendaftar untuk mengikuti program afiliasi amazon.com.

Anda bisa memasarkan atau mempromosikan produk-produk afiliasi Anda melalui blog maupun blog Anda. Clickbank Cash Blogs mengajarkan cara menggunakan blog untuk mempromosikan produk afiliasi Clickbank.

Tantangan dalam mengikuti program afiliasi hanya ada dua yaitu:
  1. Mendapatkan jumlah pengunjung yang cukup.
  2. Membuat pengunjung melakukan pembelian.
Terjadinya transaksi atau pembelian sangat tergantung dari pengunjung yang melihat blog afiliasi Anda, apakah mereka merupakan target market Anda atau bukan. Super Traffic Rush membahas secara rinci bagaimana cara mendatangkan traffic yang berkualitas. Faktor lain yang juga menentukan terjadinya pembelian adalah sales letter dari blog afiliasi Anda dan apakah produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Oleh karena itu, Anda harus tahu bagaimana cara memilih blog afiliasi yang menjual.

Untuk mempermudah transaksi di Internet dan juga mempertimbangkan segi keamanan, saya sarankan agar Anda membuat rekening di paypal.com. Paypal.com menyediakan cara transaksi online yang lebih aman daripada menggunakan kartu kredit, karena yang digunakan dalam bertransaksi adalah alamat email bukan nomor kartu kredit. Hampir semua blog komersial menerima pembayaran melalui paypal.com.

Sebagai penutup, saya tekankan lagi tiga hal penting sebagai berikut:
  1. Pertama, untuk menguasai Affiliate Marketing bacalah Secrets of Affiliate Marketingkarangan Davion Wong, seorang profesional online marketer. Miliki juga Secret Affiliate Weapon 2.0 karangan Ewen Chia untuk mendapatkan rahasia Ewen Chia menjadi Affiliate Marketer nomor satu di dunia.
  2. Kedua, pilihlah produk-produk afiliasi Anda di clickbank.com, suatu jaringan afiliasi terbesar yang penuh dengan program afiliasi terbaik dan didukung dengan sistem yang handal.
  3. Ketiga, buatlah rekening di paypal.com untuk memberikan Anda kemudahan dan keamanan dalam melakukan transaksi online.
Selamat belajar afiliasi, semoga sukses!







Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cari Caramu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger