Membuat Struktur Blog

Struktur Blog/Website terdri dari halaman depan, halaman utama, dan subhalama.


Struktur Blog merupakan kerangka dimana halaman-halaman Blog disusun dan dihubungkan satu dengan yang lainnya.

Sebelum melangkah lebih lanjut, di bagian Menentukan Topik Blog disebutkan apabila topik yang dipilih terlalu panjang untuk dibahas dalam satu halaman Blog, maka topik tersebut harus dipecah menjadi beberapa subtopik. Sekarang Anda harus merencanakan berapa jumlah halaman yang akan Anda gunakan, subtopik yang berkaitan erat bisa digabung menjadi satu halaman. Subtopik yang panjang sebaiknya menggunakan satu halaman tersendiri.

Kembali ke pembicaraan mengenai struktur Blog, Blog yang tertata dengan baik adalah Blog yang membuat pengunjung merasa mudah mencari apa yang mereka cari. Semakin mudah digunakan, semakin lama pengunjung berada di Blog tersebut, dan semakin besar kemungkinan mereka akan melihatnya lagi. Struktur Blog yang baik juga akan membuat pemiliknya mudah mengembangkannya.

Hal lain yang harus Anda ingat adalah setiap halaman Blog hendaknya tidak lebih dari 2 (dua) level kedalaman atau 2 (dua) kali klik dari halaman depan (home). Bila tidak, spider tidak akan membuat indeks semua halaman Blog.

Spider merupakan sebuah program yang menelusuri tautan-tautan (link) yang ada di Internet lalu mencatat atau mengindeks isi Blog yang ditemui dan menambahkannya pada database mesin pencari (search engine). Apabila isi dari suatu Blog sudah dicatat oleh spider dan masuk ke dalam database mesin pencari, maka Blog tersebut dapat ditemukan melalui mesin pencari. Nama lain dari spider adalah web crawler. Sebagai contoh spider atau web crawler milik Google adalah Googlebot. Untuk mendapat gambaran lebih jelas apa yang dicatat oleh spider atau web crawler, Anda bisa menggunakan search engine spider simulator. Coba ketikkan http://caricaramu.blogspot.com di bawah kalimat Enter URL to Spider dan tekan Submit, maka simulator akan menampilkan hasil pencatatan isi Blog http://caricaramu.blogspot.com yang dicatat oleh spider atau web crawler.


Untuk membuat Blog Anda mudah ditelusuri oleh pengunjung dan spider, buatlah struktur Blog seperti ini:
Struktur Website
Halaman depan (home page) Blog harus memiliki tautan ke halaman-halaman utama, baik melalui isi halaman depan maupun melalui menu Blog. Masing-masing halaman utama juga harus memiliki tautan ke subhalaman. Satu halaman utama bisa terhubung ke lebih dari satu subhalaman. Sebaliknya setiap subhalaman juga harus memiliki tautan untuk kembali ke halaman utama dan setiap halaman utama harus memiliki tautan untuk kembali ke halaman depan. Spider atau web crawler hanya bisa mengikuti tautan dari satu halaman ke halaman yang lain dan dari satu Blog ke Blog yang lain. Oleh karena itu semakin banyak tautan dari Blog lain yang mengarah ke Blog Anda maka Blog Anda akan semakin dikenal oleh mesin pencari.

Selanjutnya, setiap halaman baik itu halaman depan, halaman utama dan subhalaman harus menggunakan kata kunci yang telah Anda pilih (lihat langkah Memilih Kata Kunci). Halaman depan dan halaman-halaman utama harus menggunakan kata-kata kunci yang paling banyak dicari. Apabila pada mesin pencari pengunjung mengetikkan kata kunci yang sama dengan yang Anda pakai, maka Blog Anda akan muncul pada hasil pencarian. Tentunya Blog Anda harus bersaing dengan Blog-Blog yang lain. Supaya Blog Anda bisa muncul di halaman pertama dan di peringkat pertama, gunakanlah teknik Optimisasi Mesin Pencari (Search Engine Optimization), kita akan membahasnya setelah ini. Gunakan kata-kata kunci sebagai tautan yang menunjuk dari satu halaman ke halaman yang lain. Hal ini berguna untuk memberitahu mesin pencari mana halaman yang penting. 

Struktur 3 (tiga) lapisan ini menghasilkan sebuah Blog yang mudah ditelusuri bagi pengunjung dan spider. Selain mengikuti tautan-tautan untuk menemukan Blog, Anda juga bisa memberikan alamat Blog Anda kepada spider. Misalnya melalui Googlebot, spidernya Google. Cukup ketikkan alamat Blog Anda, kemudian spider atau web crawler akan menelusuri semua halaman Blog dan membuat indeksnya. Sekarang, mari kita bahas halaman-halaman yang ada pada sebuah Blog.

  1. Halaman Depan (Home Page)
  2. Setiap Blog memiliki halaman depan. Pada umumnya, halaman depan merupakan halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung dan juga merupakan halaman yang paling penting dalam mendapatkan urutan pencarian yang tinggi dari mesin pencari, karena mesin pencari memberikan lebih banyak bobot kepada halaman depan darimana halaman lainnya. Halaman depan harus memberikan informasi yang jelas dan singkat kepada pengunjung mengenai apa Blog Anda, produk dan/atau jasa apa yang tersedia. Halaman depan harus memiliki tautan ke semua halaman Blog dan setiap halaman harus memiliki tautan untuk kembali ke halaman depan.
  3. Halaman Produk/Jasa
  4. Bagian utama dari Blog berisi penawaran produk dan/atau jasa. Ada Blog yang hanya menawarkan produk seperti peralatan elektronik, pakaian, buku, perhiasan, kaset/CD/DVD; ada juga Blog yang hanya menawarkan servis atau jasa misalnya jasa merancang Blog, jasa konsultasi, jasa pelatihan; dan ada Blog yang menawarkan produk dan jasa sekaligus misalnya produk bangunan dan jasa perancangan bangunan. Ada Blog yang hanya menawarkan 1 (satu) produk atau jasa, namun ada juga yang menawarkan banyak produk dan/atau jasa. Apapun kategori Blog Anda, yang penting Anda harus menggambarkan secara singkat dan tepat apa yang Anda tawarkan, bantu pengunjung untuk menentukan pilihan dan melakukan transaksi dengan cara yang semudah mungkin. Jumlah halaman produk/jasa hendaknya disesuaikan dengan jumlah produk/jasa yang ditawarkan. Apabila jumlah produk/jasa yang ditawarkan banyak, maka halaman utama produk/jasa bisa berisi ringkasan dari keseluruhan produk/jasa kemudian Anda buat lagi beberapa subhalaman yang berisi detil dari masing-masing produk/jasa. Ingat, halaman-halaman tersebut harus memiliki tautan yang saling menghubungkan satu sama lain.
  5. Halaman Informasi
  6. Halaman informasi merupakan halaman-halaman yang memberikan informasi kepada pengunjung selain informasi mengenai produk atau jasa. Halaman ini digunakan untuk membangun hubungan atau komunikasi sekaligus kepercayaan antara pengunjung dengan pemilik Blog. Selain berisi informasi mengenai profil pemilik Blog, biasanya halaman ini juga menawarkan materi yang diperbaharui secara teratur agar pengunjung tidak merasa bosan berulang-ulang kali mengunjungi suatu Blog. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda masukkan pada bagian halaman informasi:
    • Profil: berisi sejarah mengenai bisnis atau perusahaan, visi dan misi, siapa saja pengurus inti Blog atau perusahaan, dan hal-hal penting lainnya mengenai bisnis atau perusahaan.
    • FAQ (Frequently Asked Question): berisi pertanyaan-pertayaan umum mengenai produk, jasa, maupun perusahaan.
    • Testimoni: berisi kesaksian pelanggan mengenai penggunaan produk dan/atau jasa yang ditawarkan. Halaman ini digunakan untuk membangun reputasi.
    • Surat kabar elektronik: berisi berita-berita mengenai produk dan/atau jasa baru, tips-tips, promo-promo yang diadakan, serta pengumuman-pengumuman lain yang mau disampaikan kepada pelanggan.
  7. Halaman Keanggotaan
  8. Halaman keanggotaan merupakan bagian yang penting sekali untuk pengembangan Blog di masa mendatang. Dengan mengetahui siapa saja pengunjung dan perkembangan jumlah pengunjung aktif Anda bisa menganalisa hal-hal yang perlu diperbaiki, memenuhi kebutuhan-kebutuhan pengunjung dengan lebih tepat, sehingga pada akhirnya Blog Anda bisa terus berkembang. Ada beberapa hal yang sangat penting apabila Anda hendak meminta data pribadi pengunjung Blog yaitu Anda harus bisa menjaga kerahasiaan data tersebut dan privasi pengunjung, mereka juga harus bisa menghentikan keanggotaannya kapan saja.
  9. Halaman Kontak
  10. Halaman kontak berisi cara-cara untuk menghubungi pengurus Blog, bisa melalui email, telepon, fax, chatting, surat, ataupun dengan cara mengisi formulir pertanyaan atau komentar secara online. Hal ini akan memberikan rasa nyaman kepada pengunjung karena mereka bisa berhubungan dengan pemilik Blog, mengetahui alamat kantornya, berbicara dengan pengurus Blog baik untuk bertanya atau untuk menyampaikan keluhan.
Sekarang buatlah rencana untuk halaman-halaman Blog dan struktur Blog yang akan Anda gunakan. Ingat, Anda tidak harus memiliki banyak halaman, kalau satu halaman sudah cukup jelas ya sudah. Satu langkah penting lagi sebelum Anda membuat tampilan Blog, yaituTeknik SEO (Search Engine Optimization / Optimisasi Mesin Pencari).


http://anto-dwiharja.com
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cari Caramu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger