Teknik SEO dipakai pada halaman website dan meta tag.

SEO atau Search Engine Optimization (Optimisasi Mesin Pencari) merupakan metode untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke sebuah website yang berasal dari hasil pencarian mesin pencari secara alami bukan dari hasil iklan berbayar mesin pencari.

Sebelum Anda menulis isi website, Anda harus terlebih dulu memilih kata kunci untuk semua halaman website dan membuat struktur website. Teknik SEO tidak akan berhasil apabila kedua hal tersebut belum dilakukan.

Berikut ini adalah tujuan dari SEO:

  1. Pengunjung potensial harus menemukan website Anda pada halaman pertama atau paling tidak pada halaman kedua dari hasil pencarian kata kunci yang telah Anda pilih. Kalau tidak, berarti website Anda sama saja tidak ada untuk kata kunci tersebut.
  2. Pengunjung website harus membaca judul dan deskripsi yang muncul pada hasil pencarian mesin pencari, dan merasa tertarik sehingga terdorong untuk mengklik website Anda.
  3. Pengunjung website menemukan isi website yang berguna yang membantu mereka memecahkan masalah mereka, dengan demikian mereka belajar untuk mempercayai dan kemudian mau mengikuti rekomendasi yang Anda berikan, misalnya untuk mengklik tautan ke sebuah program afiliasi, membeli produk, berlangganan surat kabar, dan lain-lain.
Jika Anda telah membuat struktur website seperti yang telah disampaikan pada bagian sebelumnya, SEO akan bekerja lebih efektif karena:
  • halaman-halaman website sudah dioptimalkan untuk kata-kata kunci tertentu,
  • tidak ada kata kunci yang salah target pengunjung,
  • tidak ada halaman website yang tersembunyi dan tautan-tautan yang tidak terlacak, dan
  • semua halaman website yang sudah dioptimalkan agar mendapat peringkat pencarian yang tinggi akan menjadi pintu masuk pengunjung ke website Anda.
Saya mau tekankan lagi bahwa setiap halaman harus memiliki kata kunci yang efektif sesuai dengan apa yang dibicarakan pada halaman tersebut. Kata kunci yang efektif adalah kata kunci-kata kunci yang memiliki peringkat yang tinggi pada hasil pencarian. Kita sebut kata kunci ini sebagai kata kunci khusus (specific keywords). Nanti, ketika Anda menulis isi website fokuslah pada penggunaan kata kunci-kata kunci khusus.

Selain kata kunci khusus ada juga kata kunci umum (general keywords), yaitu kata-kata yang lebih umum yang berhubungan dengan kata kunci-kata kunci. Sebagai contoh, jika kata kunci khusus adalah "optimisasi mesin pencari", kata kunci umumnya adalah "peringkat", "promosi", dan lain-lain. 

Pada kenyataannya, Anda tidak akan pernah sukses dalam kampanye optimisasi kata kunci umum karena persaingan yang sangat ketat. Walaupun Anda menang, bisa dipastikan pengunjung yang datang bukanlah target pengunjung yang Anda inginkan. Akan tetapi jika Anda bisa menggabungkan beberapa kata kunci umum dengan kata kunci khusus secara tepat, maka Anda bisa mendatangkan jumlah pengunjung yang tinggi terutama mereka yang menggunakan kombinasi kata kunci umum dan kata kunci khusus pada mesin pencari.

Teknik SEO dipakai pada beberapa bagian sebagai berikut:
  1. Halaman Website
  2. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan teks pada halaman website.
  3. Meta Tag
  4. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan penggunaan meta tag.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Cari Caramu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger